Diberdayakan oleh Blogger.

Fase kehamilan

Fase Kehamilan - Pada postingan pertama kali ini, penulis akan menerangkan mengenai Fase dan Proses Kehamilan. Blog ini sengaja penulis buat untuk membantu teman - teman yang mungkin sedang hamil, atau punya istri hamil agar bisa mendapatkan informasi yang berguna seputar kehamilan.
Proses kehamilan dan perkembangan si jabang bayi dibagi menjadi tiga fase trimester yang masing masing terdiri dari 12 minggu (3 bulan). 

Berikut adalah fase – fase kehamilan serta perkembangan si jabang bayi dalam tiap trimester :

Pada trimester pertama kalender kehamilan, sel telur anda yang telah di buahi berkembang menjadi embrio yang kemudian berkembang secara pesat menjadi janin setelah bulan ke tiga. Biasanya kehamilan baru disadari pada minggu keempat pada trimester pertama, atau setelah 4 minggu setelah hari pertama anda mengalami menstruasi. Bagi ibu hamil pada trimester ini gejala yang dirasakan umumnya sama seperti yang dirasakan saat menstruasi, seperti pusing, sakit kepala, perubahan secara emosional seperti mudah tersinggung, dsb. Pada trimester pertama kalender kehamilan ini, perubahan fisik belumlah sangat kentara, terlebih jika ini merupakan kehamilan pertama. Penambahan bobot tubuh pun tidak terlalu tinggi. Pada trimester pertama, anda sebaiknya sesegera mungkin untuk melakukan pemeriksaan awal pada minggu – minggu awal (minggu ke 4 hingga minggu ke 12), untuk memeriksa dan menangani ancaman yang mungkin bisa membahayakan bagi anda dan bayi anda nantinya.

Fase Kehamilan 

fase kehamilan

Pada trimester ke-dua kalender kehamilan, biasanya ibu hamil akan merasakan sensasi “menendang bola” dari si jabang bayi. Mulai ada pergerakan di dalam rahim. Terkadang juga terasa sensasi “titik – titik kecil” karena si jabang bayi yang cegukan, jangan khawatir karena semua reaksi tersebut adalah hal yang normal. Rahim pun mulai terasa lebih berat bertambah berat setiap minggunya, karena janin mulai berkembang dan semakin tumbuh besar. Pada trimester kedua ini resiko keguguran sudah mulai hilang. Dan bagi ibu hamil, rasa mual – mual yang dirasakan pada masa – masa awal sudah mulai hilang, kondisi emosi juga mulai membaik dan berangsur – angsur mulai stabil, bahkan gairah meningkat pada trimester kedua kalender kehamilan ini. Meski tentu saja mulai terasa nyeri pada daerah sekitar perut, karena anda mulai membiasakan diri dengan kehadiran si jabang bayi. Tapi bisa dibilang trimester kedua adalah trimester paling menyenangkan dalam kehamilan. Perbanyak makan sayur – sayuran dan buah – buahan serta mengkonsumsi air putih yang cukup. Serta tetap melakukan konsultasi kehamilan yang rutin.
Pada trimester ketiga, janin mulai pada tahap penyempurnaan. Otak janin mulai berkembang dengan sangat cepat dan indra nya mulai dapat merespon rangsangan. Detak jantung pun mulai bisa terdengar dengan jelas pada trimester ketiga ini. Pada masa ini biasanya ibu hamil mulai mudah lelah danmsering merasakan pegal. Anda dapat melakukan olah raga ringan atau pun senam kehamilan untuk meredakan masalah yang anda alami. Konsultasikan kehamilan secara rutin setiap seminggu sekali atau dua minggu sekali. Konsumsi makanan dengan zat besi untuk mencegah anemia, dan kuat pada saat menjalani persalinan. Demikian tentang rangkaian Fase Kehamilan, semoga bermanfaat buat pembaca semuannya.. :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar